Sepuluh Strategi Sukses Bisnis Oriflame

sukses oriflame

Ada artikel keren nih… artikel sebetulnya dalam bahasa Inggris, tapi saya coba terjemahkan biar lebih enak dimengerti ya… dan biar lebih relevan disambungkan ke bisnis Oriflame kita :-)

 

Ada 10 hal yang bisa kita lakukan sebagai strategi kita menuju sukses di bisnis Oriflame. Ini adalah tips sukses untuk kita semua :

1. Mulai dari yang Kecil-Kecil dulu! (Start Small!)

Salah satu kendala menuju sukses yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang adalah karena mereka memaksakan diri terlalu keras, pingin mengejar hasil yang langsung besar! Akibatnya energi cepet habis sebelum mencapai target.

Mulai saja dari yang kecil-kecil dulu. Ngotot pingin naik dua level bulan ini? Boleh aja. Tapi kalo dihadapkan pada kenyataan harus rekrut 30 orang sekaligus, jangan-jangan malah mules-mules duluan dan ujung-ujungnya malah frustasi karena tidak tahu bagaimana cara mengumpulkan member baru segitu banyak!

Jadi ngga usah mikir harus rekrut 30 orang dalam sebulan, tapi coba dulu rekrut satu orang tiap hari. Kalo dikumpul-kumpul kan jadi 30 orang juga ya kan 😀

2. Tulis, tulis, tulis!

Kenapa musti ditulis? karena dengan menulis kita bukan sekadar memikirkan, tapi juga meng-kongkrit-kan tujuan ato ide kita. Kalau hanya di kepala aja, sifatnya abstrak. Susah untuk kita ukur. Sedangkan dengan menulis, kita mengulang apa yang ada di pikiran ke dalam bentuk tulisan, hasilnya selain lebih akurat (karena biasanya kekurangan yang ngga terpikirkan akan muncul saat kita menuliskan target atau rencana), juga jadi penekanan buat diri kita juga, karena otak kita merekam apa yang kita tulis.

Jadi mulai sekarang, tiap kali punya target, atau rencana kerja, ato ide, ato apapun, KUDU DITULIS YAA!!!

3. Fokus pada kebiasaan sehari-hari.

Hmmm… gimana mau memprospek 5 orang dalam sehari kalo bangunnya aja siang? (hehehe ini mah buat gue yak!)

Ngga kok sebetulnya utk poin ini, yang mau dijelaskan adalah : Biasakan berbicara tentang ORIFLAME pada orang lain setiap hari. Tunjukkan Anda member ORIFLAME (yang sukses, atao calon sukses!). Biasakan promo setiap hari. Sehari ini gak ada tanggapan, jangan langsung berhenti. Ditolak 10 orang, jangan langsung frustasi! Pokoknya lakukan dengan rutin, promosi online/offline dan prospek setidaknya satu orang setiap hari. Promosi dan rekrutment adalah kebiasaan harian yang harus dimiliki oleh setiap member ORIFLAME yang pingin sukses di bisnis ini!

4. Selalu ingat target Anda.

Kalau Anda cinta sama pasangan Anda, pasti kan pinginnya selalu diperhatikan. Selalu ditelpon atau di sms tiap hari. Biar yakin kalo dia emang cinta juga sama kita, ya kan? Kalo si dia cuek, Anda pasti mikir, duh… jangan2 ada orang lain???

Nah, target kita juga gitu. Harus diperhatikan.  Harus selalu diingat. Supaya si target selalu nempel di pikiran kita. Supaya kita ngga lupa kalo kita punya target! Supaya kita tahu, kapan target itu ‘menjauh’, dan kapan mendekat. Jadi jangan lupa taruh reminder tentang target di mana aja. Bisa di tembok kamar, di kaca rias, ditempel di kamar mandi, ato jadi screen saver laptop kaya saya. Biar kalau bengong sedikit langsung muncul tuh reminder target 😀

5. Konsisten

Konsisten adalah melakukan hal dengan beban yang sama selama terus menerus. Banyak orang yang bisa ngebut di awal tapi tidak bisa konsisten mempertahankan semangat dan usaha, akibatnya tidak lama kemudian jaringannya drop, runtuh. Bonus berkurang terus tiap bulan. Sekadar ngga naik-naik sih masih mending.

Persis kaya pesawat terbang. Saat tinggal landas kecepatannya tinggi supaya bisa mengangkat pesawat dari landasan. Tapi begitu sampai di udara, pesawat tersebut tidak mengurangi kecepatannya, sehingga bisa tiba di tempat dalam waktu relatif jauh lebih cepat daripada jalan udara. Kebayang kalau sampai di udara, trus pesawat kehilangan bahan bakar dan tiba-tiba berhenti?

Jadi, jangan pernah berhenti melakukan usaha. Biar kecil, kalau dilakukan secara terus menerus hasilnya akan luar biasa dibandingkan usaha yang bolong-bolong. Promosi di status facebook tiap hari walau hanya satu kali sehari menulis tentang bisnis kita, tapi berapa orang friends dan followers yang bisa menerima info tersebut dari kita? Ato kecepatan merekrut Anda cuma 5 orang tiap bulan, tapi kalau 5 orang tersebut kita kasih amunisi lengkap (penjelasan tentang success plan Oriflame, tentang cara kerja d’BC network, tentang  welcome program dan info promo yang lengkap, dan pentingnya merekrut minimal 5 orang tiap bulan) maka kalau 1 dari 5 orang tersebut melaksanakan apa yang Anda ajarkan, berarti group Anda sudah bertambah 5 orang lagi. Bayangkan berapa besar group Anda akan makin berkembang kalau setiap bulan kita lakukan hal yang sama pada setiap member baru!

6. Jangan berhenti belajar

Tiap orang saat ini berlari di ORIFLAME. Banyak orang yang sudah tau bahwa ORIFLAME bisa memberikan kehidupan yang jauh lebih baik dari yang mereka alami sekarang. Jadi jangan pernah berhenti mengisi amunisi kita sendiri. Belajar bisa Anda dapatkan dari mana saja. Ikuti training! Tanya upline Anda! Jika upline kita terbukti berhasil di bisnis ini, ambil ilmunya! Pelajari langkahnya! Dan kemudian, LAKUKAN!

7. Jangan Bekerja Sendirian

Pernah lihat ada orang-orang yang bisa sukses sendirian? Mungkin ada beberapa, tapi tidak banyak. Karena kesuksesan memang akan lebih mudah dicapai apabila kita bekerja sama dengan orang lain. Kita juga butuh dukungan, butuh informasi, butuh dorongan semangat yang biasanya disediakan oleh orang lain. Di bisnis Oriflame, upline dapat menjadi partner bisnis kita yang membantu kita untuk sukses. Dan downline-downline adalah partner bisnis di mana kita sebagai upline bertanggungjawab dalam membimbing mereka menjadi sukses. Karena downline-downline yang sukses, pastinya akan menghasilkan kesuksesan lebih besar juga untuk kita :-)

8. Bersiap-siap pada Kegagalan

Kita harus bisa menerima bahwa suatu saat kita pasti melakukan kesalahan. Kadang kita harus bertemu dengan kegagalan yang akan berujung pada kekecewaan. Heiii, jangan sedih, jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Hadapi kegagalan ataupun kesalahan dengan jiwa yang positif! Karena dalam sebuah kegagalan dan kesalahan, ada pelajaran besar yang selalu bisa kita ambil, supaya kita bisa lebih waspada di masa mendatang. Dan tetaplah jadi fans #1 untuk diri kita sendiri 😉

9. Percayalah pada Rencana (yang sudah dibuat)

Kadang-kadang kita mengalami naik-turun, selalu ada masa-masa di mana seakan semua yang kita lakukan, tidak memberikan hasil seperti yang kita inginkan. Tapi kalau kita memang sudah membuat perencanaan yang benar dan betul-betul matang, dan kita berkomitmen dalam menjalankan tiap-tiap bagian dari rencana tersebut dengan komitmen yang benar, maka hasil yang akan ditimbulkan tidak akan terlalu jauh dari apa yang kita rencanakan.

10. Fun! Fun! Fun!

Jangan lupa, dalam berbisnis, harus tetap memperhatikan aspek “bersenang-senang” :-) nikmati setiap prosesnya, dan pastikan selalu memasukkan unsur fun ke dalamnya. Berkumpul bersama downline dan upline, kadang hanya utk ngobrol-ngobrol seru, atau chatting haha-hihi tetap diperbolehkan. Jangan sampai, kita memiliki kebebasan finansial, tapi hati tidak merasa bebas 😉

 

Nah ini dia 10 strategi sukses menjalankan bisnis Oriflame yang bisa teman-teman terapkan dalam bisnis Anda. Semoga kita semua mencapai target dan impian yang kita inginkan yaa!

GO PRESIDENT!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *